Sabtu, 08 Oktober 2011

Karakteristik Empat Aksesi Nilam

Oleh:

Yang Nuryani

Buletin Plasma Nutfah Vol.12 No.2 Th.2006

Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, Bogor

ABSTRACT

Characterization of four accessions of patchouli was conducted to obtain the information of characteristics to be utilized for future breeding program. The experiment was conducted in three locations namely Ciamis, Cimanggu, and Sukamulya. Four accessions of patchouli namely 0003, 0007, 0012, and 0013 were tested in a randomized block design with five replications, plant spacing of 100 x 50 cm, and 100 plants/plot. The plant were first harvested six month after planting and the 2nd harvested four months after the 1st harvested. The observation were made before the first harvested on morphological characters, production, oil content, and oil quality. The result showed that some of morphological characters such as plant height, accessions of primary and secondary branches, length of primary and secondary branches, length and widh of leaf as weel as numbers of leaves on primary branches on accession of 0012 were higher than that of another three accessions. The highest production of dry terna (13,278 t/ha) and patchouli alcohol content (33,3%) was observed on accession 0012, while the highest oil content (3,2%) on accession 0007. The main morphological characters that can be used to identify those accessions of patchouli was the colour of stem, accessions 0012 was green with slight purple, 0003 and 0007 more purple, and 0012 dark purple.

Key words: Pogostemon cablin Benth., characteristics.

ABSTRAK

Karakteriasi empat aksesi nilam bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai karakter nilam dan pemanfaatannya dalam pemuliaan tanaman di masa yang akan datang. Penelitian dilakukan di tiga lokasi, yaitu Ciamis, Cimanggu, dan Sukamulya. Aksesi 0003, 0007, 0012, dan 0013 dikarakterisasi dalam rancangan acak kelompok dengan lima ulangan, jarak tanam 100 x 50 cm, 100 tanaman per petak. Panen pertama dilakukan pada umur 6 bulan dan panen kedua 4 bulan setelah panen pertama. Pengamatan dilakukan sebelum panen pertama. Parameter yang diamati adalah karakter morfologi, hasil, kadar, dan mutu minyak, serta ketahanan terhadap penyakit. Hasil penelitian menunjukkan tinggi tanaman, jumlah cabang primer/ sekunder, panjang cabang primer/sekunder, panjang dan lebar daun, dan jumlah daun per cabang primer aksesi 0012 lebih tinggi daripada ketiga aksesi lainnya. Produktivitas terna kering (13,278 t/ha) dan kadar patchouli alkohol (33,3%) tertinggi diberikan oleh aksesi 0012, sedangkan kadar minyak tertinggi (3,2%) ditunjukkan oleh aksesi 0007. Karakter morfologi yang membedakan aksesi-aksesi tersebut terutama adalah warna batang tua. Aksesi 0012 memiliki batang tua berwarna hijau dengan sedikit ungu, sementara aksesi 0003 dan aksesi 0007 lebih ungu dan aksesi 0012 paling ungu.

Kata kunci: Pogostemon cablin Benth., karakteristik.


PENDAHULUAN

Nilam (Pogostemon cablin Benth.) termasuk famili Labiateae yang dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama patchouli. Daerah asal nilam tidak diketahui secara pasti, kemungkinan berasal dari Filipina atau Malaysia. Nilam masuk ke Indonesia lebih dari seabad yang lalu, mula-mula dibudidayakan di Aceh, kemudian berkembang di beberapa provinsi lainnya seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Minyak nilam digunakan dalam industri parfum, kosmetik, antiseptik, dan insektisida (Dummond 1960; Robin 1982; Mardiningsih et al. 1995). Dengan berkembangnya pengobatan tradisional, minyak nilam juga banyak digunakan sebagai bahan terapi aromaterapi.

Nilam termasuk penyumbang devisa terbesar di antara tanaman atsiri lainnya. Luas areal pertanaman nilam dewasa ini 21,602 ha, yang diusahakan oleh 36,461 kepala keluarga. Ekspor minyak nilam pada tahun 2002 tercatat sebesar 1,29 ton dengan nilai 22,5 juta dolar Amerika (Ditjen Bina Produksi Perkebunan 2004). Namun produktivitas minyak masih rendah, rata-rata 97,5 kg/ha. Faktorfaktor yang menyebabkan rendahnya produktivitas antara lain adalah mutu genetik tanaman, kurang tepatnya budi daya, pengendalian penyakit, dan pengelolaan panen dan pascapanen.

Sejak masuknya nilam ke Indonesia seabad yang lalu, tanaman nilam sudah berkembang dan beradaptasi di berbagai daerah, tidak tertutup kemungkinan terjadi mutasi secara alami walaupun frekuensinya biasanya rendah (Simmonds 1982). Nilam Aceh tidak berbunga, sehingga untuk mendapatkan genotipe baru tidak dapat dilakukan melalui persilangan seksual. Keterbatasan sumber genetik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pemuliaan tanaman.

Untuk meningkatkan keragaman genetik, Balittro telah melakukan eksplorasi plasma nutfah ke berbagai daerah pertanaman nilam, terutama di sentra produksi dan melestarikannya di beberapa kebun percobaan. Dari hasil eksplorasi telah terkumpul 28 aksesi yang berbeda karakter morfologinya dan kadar minyaknya bervariasi antara 1,60- 3,59% (Nuryani et al. 1997). Dari hasil seleksi diperoleh empat aksesi yang kadar dan mutu minyaknya relatif tinggi, yaitu aksesi 0003, 0007, 0012, dan 0013 (Nuryani 1998).

Di samping kadar dan mutu minyak, produktivitas terna merupakan faktor penting yang menentukan produktivitas minyak setiap aksesi. Sel-sel minyak paling banyak terdapat pada daun nilam (Guenther 1952). Dengan meningkatnya produktivitas terna maka produktivitas minyak akan meningkat pula apabila kadar minyaknya tinggi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan semua informasi dari keempat nomor nilam. Informasi tersebut diharapkan dapat digunakan dalam kegiatan pemuliaan selanjutnya untuk meningkatkan mutu genetik tanaman nilam.


BAHAN DAN METODE

Penelitian dilakukan di tiga lokasi, yaitu Sukamulya (350 m dpl, jenis tanah Altisol, tipe iklim A), Cimanggu (240 m dpl, jenis tanah Altisol, tipe iklim A), dan Ciamis (450 m dpl, jenis tanah Altisol, tipe iklim A). Aksesi yang diuji adalah 0003 (asal Cisaroni), 0007 (asal Lhokseumawe), 0012 (asal Tapak Tuan), dan 0013 (asal Sidikalang). Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok dengan lima ulangan. Benih nilam ditanam dengan jarak tanam 100 x 50 cm, jumlah tanaman 100 tanaman per petak, luas petak 25 m2. Tanaman diberi pupuk organik (pupuk kandang) sebanyak 2 kg/tanaman pada saat tanam (pupuk dasar). Pupuk anorganik diberikan tiga kali, yaitu pada umur 3 bulan, 6 bulan setelah panen I dan umur 11 bulan setelah panen II dengan takaran 280 kg urea + 70 kg TSP + 140 kg KCl/ha.

Pangamatan dilakukan pada umur 6 bulan sebelum panen I. Paramater yang diamati adalah karakter morfologi: tinggi tanaman, warna batang muda/tua, bentuk batang, percabangan, jumlah cabang primer/sekunder, panjang cabang primer/sekunder, daun (bentuk, pertulangan, warna, panjang, lebar, tebal, panjang tangkai, ujung, pangkal, tepi, permukaan, jumlah/cabang primer), produktivitas terna, kadar dan mutu minyak.

Analisis gabungan data produktivitas, kadar minyak dan patchouli alkohol terhadap masing-masing lingkungan (tiga lokasi, dua kali panen) menggunakan metode Singh dan Chaudhary (1979) dengan uji Ducan’s Multiple Range Test. Analisis kadar dan mutu (fisika kimia) minyak dari tiga lokasi dalam dua kali panen dilakukan di Laboratorium Pascapanen Balittro.


HASIL DAN PEMBAHASAN

Karakteristik Morfologi

Hasil karakterisasi terhadap empat aksesi nilam di tiga lokasi menunjukkan pertumbuhan aksesi 0012 lebih baik daripada aksesi lainnya. Hal ini ditinjau dari tinggi tanaman, jumlah cabang primer/ sekunder, panjang cabang primer/sekunder, panjang/ lebar daun dan jumlah daun per cabang primer (Tabel 1). Data pertumbuhan ini sejalan dengan data produktivitas terna kering (13,278 kg/ha) dan minyak (375,76 kg/ha). Jumlah daun yang banyak merupakan salah satu faktor penentu produksi minyak, karena sel-sel minyak telah banyak terdapat di daun dibandingkan dengan di bagian tanaman lainnya (Guenther 1952).

0g1

Di samping produktivitas dan karakter kuantitatif lainnya, karakter kualitatif yang dapat membedakan aksesi-aksesi nilam tersebut terutama adalah warna batang tua/pangkal batang. Warna hijau pada pangkal batang aksesi 0012 lebih dominan, diikuti oleh aksesi 0003, sedangkan pada aksesi 0007 dan 0013 warna ungu yang lebih dominan (Gambar 1).


Produksi Terna dan Minyak

Dari keempat aksesi yang diuji, produktivitas terna kering tertinggi terdapat pada aksesi 0012 (13,278 t/ha), berbeda nyata dengan ketiga aksesi lainnya dan yang terendah terdapat pada aksesi 0003 (9,489 t/ha). Kadar minyak tertinggi diberikan oleh aksesi 0007 (3,2%), tidak berbeda nyata dengan aksesi 0003 (3,07%). Walaupun kadar minyak aksesi 0012 (2,83%) lebih rendah dari aksesi 0003, namun karena produktivitas ternanya tinggi maka produktivitas minyaknya juga tinggi, yaitu 375,76 kg/ha (Tabel 1). Produktivitas minyak diperoleh dari hasil perkalian produktivitas terna kering dengan kadar minyak. Produktivitas terna (basah) akan lebih tinggi pada pertanaman nilam yang mendapat intensitas cahaya 50% (Rosman et al. 2004), namun kadar minyaknya lebih rendah.


Mutu Minyak

Banyak faktor yang mempengaruhi kadar dan mutu minyak nilam, antara lain genetik, budi daya, lingkungan, panen, dan pascapanen. Nilam yang tumbuh di dataran tinggi. kadar minyaknya lebih rendah daripada yang tumbuh di dataran rendah, namun kadar patchouli alkoholnya lebih tinggi. Sebaliknya, nilam yang tumbuh di dataran rendah kadar minyaknya lebih tinggi, sedangkan kadar patchouli alkoholnya lebih rendah (Guenther 1952). Daerah yang sesuai untuk pertanaman nilam adalah dataran rendah-sedang (<700 m dpl) (Rosman et al. 1998). Selain tinggi tempat, intensitas cahaya matahari juga mempengaruhi kadar minyak. Nilam yang ternaungi (<50% cahaya) akan menghasilkan kadar minyak yang lebih rendah dibandingkan dengan yang ditanam di tempat terbuka.

Mutu minyak ditentukan oleh sifat fisikakimia minyaknya. Faktor yang paling menentukan mutu minyak nilam adalah kadar patchouli alkohol. Karakteristik harum (odour) minyak nilam sangat ditentukan oleh kandungan patchouli alkohol yang ada di dalamnya, yang meliputi 50-60% dari minyak nilam (Walker 1968). Kadar patchouli alkohol keempat aksesi nilam dari tiga lokasi dalam dua kali panen tidak berbeda nyata, rata-rata di atas 30%, yang merupakan batas minimum persyaratan ekspor

Re-exposure of 0t2

Re-exposure of 0t3

Re-exposure of 0t4

KESIMPULAN

  • Pertumbuhan aksesi 0012 lebih baik ditinjau dari karakter tinggi tanaman, jumlah cabang primer/ sekunder, panjang cabang primer/sekunder, panjang/ lebar daun, dan jumlah daun per cabang primer. Demikian pula produktivitas terna kering (13,278 t/ha), kadar patchouli alkohol (33,3%) dan produktivitas minyak (375,76 kg/ha). Aksesi 0007 berkadar minyak tertinggi (3,2%).
  • Karakter kuantitatif yang dapat dengan mudah membedakan keempat aksesi adalah warna batang tua.

DAFTAR PUSTAKA

Ditjen Bina Produksi Perkebunan. 2004. Nilam. Statistik Perkebunan Indonesia, 2003. 23 hlm.

Dummond, H.M. 1960. Patchouli oil. Journal of Perfumery and Essential Oil Record 59(9):484-492.

Guenther, E. 1952. The essential oils. D. van Nostrand Co. Inc. New York nd Ed. III:552-574.

Mardiningsih, T.L., S.L. Triantoro, Tobing, and S. Rusli. 1995. Patchouli oil product as insect repellent. Indust. Crops. Res. Journal 1(3):152-158.

Nuryani, Y., C. Syukur, dan D. Rukmana. 1997. Evaluasi dan dokumentasi klon-klon harapan nilam. Laporan Tahunan. (Tidak dipublikasi).

Nuryani, Y. 1998. Karakteristik. Monograf Nilam 5:16-23.

Robin, S.R.J. 1982. Selected market for the essential oils patchouli and vetiver. Tropical Product Institute Ministry of Overseas Development. Great Britain G. 167:7-20.

Rosman, R., Emyzar, dan P. Wahid. 1998. Karakteristik lahan dan iklim untuk pewilayahan pengembangan. Monograf Nilam 5:47-54.

Rosman, R., Setiyono, dan H. Suhaemi. 2004. Pengaruh naungan dan pupuk fosfor terhadap pertumbuhan dan produksi nilam (Pogostemon cablin Benth.). Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat XV(1):43-49.

Simonds, N.W. 1982. Principles of crop improvement. Logman. London-New York. 85 p.

Singh, R.K. and Chaudhary. 1979. Biometrical Methods in Quantitative Analysis. Kalyani Publisher. New Delhi. 299 p.

Walker, G.T. 1968. The structure and synthesis of patchouli alcohol manufacturing chemist and acrosel. News. p. 87-88.

Sumber : http://minyakatsiriindonesia.wordpress.com/budidaya-nilam/yang-nuryani-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar